Rabu, 18 Januari 2012

Peran IPTEK dalam Era Globalisasi

       Perbedaan utama antara negara maju dan negara berkembang adalah kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di negara-negara maju karena didukung oleh sistem informasi yang mapan. Sebaliknya, informasi yang lemah di negara-negara berkembang mengakibatkan keterbelakangan dalam penguasaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
       Di era globalisasi dan informasi ini penguasaan terhadap informasi tidak cukup hanya sekedar menguasai, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Sebab hampir tidak ada guna menguasai informasi yang telah usang, padahal perkemabangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat mengakibatkan usia informasi lama akan diabaikan dengan adanya informasi yang lebih baru.
       Di era globalisasi ini, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi berkembang dengan sangat pesat. Mau tidak mau kita harus menerimanya, agar tidak menjadi tertinggal dengan yang lain. Akan tetapi, dalam penerimaan modernisasi tersebut, kita harus membatasi/memfilternya dengan nilai dan norma yang ada dan berlaku, seperti, norma agama, norma kesopanan, norma sosial, norma hukum, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar